lazada.com

Selasa, 29 Mei 2012

Langkah Sederhana Ajari Anak Atur Keuangan

Langkah Sederhana Ajari Anak Atur Keuangan
MENGAJARKAN anak cara mengatur uang sebaiknya dilakukan sejak kecil. Selain menerapkan pola hidup hemat, pengajaran ini juga bermanfaat mengembangkan sikap mandiri anak.
Beberapa langkah mengajarkan cara mengatur keuangan dan memperkenalkan nilai penting uang kepada anak dapat Anda simak melalui pemaparan berikut, seperti dilansir Boldsky.
Untuk mengajak anak berdiskusi mengenai masalah keuangan keluarga, Anda tidak perlu menunggunya sampai tumbuh dewasa. Sebaliknya, Anda dapat melibatkan anak sejak dini untuk membicarakan masalah ini.

- Untuk langkah awal, Anda bisa menerapkan cara sederhana. Misalnya, Anda memberi tahu bahwa persediaan uang sudah berkurang ketika anak memaksa ingin beli mainan. Dengan menanamkan langkah ini, diharapkan anak dapat mengerti. Namun sebelum melakukannya, Anda perlu berpikir bijak dalam memilih jenis mainan apa yang layak diberikan kepada anak dan jenis mainan apa yang tidak layak. Anak sangat butuh mainan, akan tetapi tidak semua mainan layak untuknya. Sehingga ketika tumbuh dewasa, anak dapat lebih bijak dalam memanfaatkan uang. Mereka mampu berpikir mengenai cara menabung uang yang baik, terlebih berinvestasi.

- Bukan hal buruk ketika Anda memberitahu anak mengenai persedian uang yang terbatas, sehingga tidak dapat membelikannya mainan. Anda perlu berbagi masalah keuangan dengan anak, namun tidak secara menyeluruh dan terperinci. Anda hanya perlu menceritakan masalah keuangan yang terkait dengan kebutuhan anak. Agar lebih fokus, Anda cukup menjelaskan bahwa masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting untuk dibeli, misalnya makan sehari-hari.
- Anda perlu mengajarkan anak menabung uang sejak kecil. Sebaliknya, Anda dapat menjelaskan kepada anak bahwa perilaku boros tidak baik untuk masa depan. Untuk mengajarkan hal ini, Anda perlu memberikan contoh langsung kepada anak sehingga dapat meniru sekaligus mempraktikannya.

- Anda harus menyediakan dan meletakkan celengan di kamar anak, lantas berilah uang kepadanya agar segera ditabung. Jika anak memaksa dibelikan mainan, Anda harus memintanya menabung agar dapat membeli mainan itu dengan uang tabungannya sendiri. Selain menerapkan pola hidup hemat, aktivitas menabung ini juga mengajarkan anak untuk hidup mandiri.

- Anda perlu mengajak anak berbelanja dan biarkan dia menghitung rincian pengeluarannya dan menganalisis barang apa saja yang sangat perlu dibeli. Dalam kasus ini, pelajaran yang ditekankan kepada anak bukan mengenai pola hidup hemat, namun sebuah sikap untuk mengatur dan menganalisis apa saja barang yang perlu dibeli dan tidak perlu dibeli.

- Cara terbaik mengajarkan anak tentang uang adalah melalui komunikasi. Anda perlu menyediakan waktu untuk berdiskusi dengan anak terkait masalah uang, mulai dari cara mendapatkannya, menyimpan, menggunakan, bahkan sampai cara mengembangkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More