lazada.com

Rabu, 04 Januari 2012

7 Tips Mengajak Si Kecil Berlibur ke Kebun Binatang


LIBUR, waktunya mengajak si kecil jalan-jalan. Sudah ada ide mau pergi ke mana? Kebun binatang bisa menjadi pilihan yang menyenangkan karena si kecil dapat mempelajari seluk-beluk dunia fauna.
Sebelum memilih kebun binatang yang akan dikunjungi, simak dulu tips-tips berikut ini agar anak tetap aman dan nyaman.

1. 1 orang dewasa untuk 1 anak
Kebun binatang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di musim liburan, maka tidak heran jika dipadati pengunjung. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti anak hilang atau tersesat, pastikan 1 orang anak diawasi oleh 1 orang dewasa. Jika anak Anda lebih dari dua atau pergi tanpa ditemani pasangan, ajak saudara atau teman untuk membantu Anda mengawasi si kecil.

2. Gunakan pakaian berwarna terang
Saat bepergian ke tempat ramai, biasakan untuk mengenakan pakaian berwarna terang. Akan lebih baik jika memakai pakaian dengan warna yang sama atau menggunakan topi dengan warna senada. Dengan busana yang mencolok, anggota keluarga akan mudah ditemukan saat terpisah di keramaian.

3. Sisipkan data diri
Tak ada orang tua yang ingin anaknya hilang di tempat umum. Siapkan data diri Anda, seperti nama, nomor ponsel, dan alamat, tulis di sehelai kertas atau karton, lalu tempelkan dengan selotip di bagian dalam sepatu anak. Jika pegangan anak terlepas dan tersesat di tengah keramaian, informasi ini dapat memudahkan orang lain untuk mengembalikan si kecil pada Anda.

4. Hafalkan lokasi toilet umum
Setelah memasuki area kebun binatang, segera cari lokasi toilet umum. Saat anak kebelet buang air, Anda sudah tau dimana lokasi toilet paling dekat. Jangan lupa, ajak si kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menjelajahi kebun binatang.

5. Hindari kandang hewan yang ditakuti anak
Jangan biarkan acara liburan keluarga berubah menjadi trauma. Hindari kandang hewan yang tidak disukai atau membuat anak ketakutan. Biarkan anak tetap ceria dan tidak bad mood.

6. Kunjungi area baby zoo
Di beberapa kebun binatang terdapat area baby zoo atau bayi hewan yang dibiarkan bebas tanpa kandang atau pagar pembatas. Di area ini, para pengunjung dapat dengan bebas bermain atau berfoto bersama binatang-binatang lucu.

7. Bawa bekal makanan
Membawa bekal makanan dari rumah selain dapat menghemat pengeluaran, juga menjamin kesehatan anak. Makanan yang dimasak sendiri bisa terjamin kesehatan dan kebersihannya.

dari Berbagai Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More