lazada.com

Rabu, 04 Januari 2012

Mari Buka Lembaran Baru


SELAMAT datang 2012! Tahun baru semestinya disongsong dengan semangat baru. Membuat resolusi, mencatat sederet rencana baru, membuka lembaran baru, dan bersiaplah mewujudkan mimpi-mimpi. Bagaimana dengan karier?

Flashback
Ingat kembali kejadian dan perjalanan karier Anda setahun belakangan. Apakah terjadi perkembangan berarti atau mandek? Lalu renungkan, bagian mana yang menjadi titik kelemahan dan sumber kegagalan, mana yang memicu keberhasilan Anda? Di tahun yang baru, Anda tentu berharap lebih banyak keberhasilan ketimbang kegagalan. Refleksi kejadian setahun ke belakang akan membantu Anda menyusun strategi, meminimalkan kelemahan, dan memaksimalkan kekuatan.

Selesaikan konflik
Konflik di tempat kerja tak bisa dihindari, namun bisa diselesaikan. Tahun baru saat yang tepat untuk “tutup buku”. Bila tahun sebelumnya Anda terlibat konflik dengan rekan kerja, klien, atau atasan, tahun ini saatnya membuka lembaran baru. Mengalah untuk kebaikan tak akan merugikan Anda. Jalin komunikasi dan hubungan yang lebih baik dengan semua kolega kerja. Tanpa konflik, kaki pasti terasa lebih ringan saat melangkah kerja.

Berubah
Buang semua kebiasaan buruk. Jika tahun sebelumnya Anda sering datang terlambat, melanggar deadline, dan malas-malasan, ini saatnya berubah. Apalah artinya semangat baru jika tak disertai perubahan perilaku menjadi lebih baik? Berubah 180 derajat pasti berat, tapi tak ada salahnya berusaha. Pelan-pelan mengurangi frekuensi kebiasaan buruk menjadi awal yang baik dalam menyongsong semangat tahun baru.

Susun rencana
Harapan apa yang Anda inginkan terjadi, impian apa yang ingin Anda wujudkan, dan cita-cita apa yang Anda angankan pada 2012? Catat semuanya. Susun rencana, kerjakan satu per satu. Setelah memiliki daftar rencana pencapaian 2012, Anda akan lebih mudah menentukan skala prioritas. Mana yang bisa diselesaikan lebih dulu, mana yang memerlukan waktu lebih. Siapkan pula mental Anda untuk menghadapi hambatan, masalah, dan jangan lupa pikirkan rencana cadangan!

Break a leg!
Kapan saatnya memulai lembaran baru? Sekarang, di awal tahun. Jika semua sudah dipersiapkan, tunggu apa lagi? Saatnya beraksi. Jangan sampai semua rencana berakhir di status Facebook atau Twitter saja. Buktikan Anda bisa membuat tahun ini jauh lebih baik daripada tahun kemarin. Selamat tahun baru!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More