lazada.com

Sabtu, 21 Januari 2012

Mengenal Lebih Jauh Diare


Diare adalah nama umum untuk buang air besar yang berair (tidak padat). Feses (tinja) saat diare dapat berkisar setengah padat hingga sepenuhnya cair. Diare umumnya bukan merupakan kondisi serius dan terjadi pada kebanyakan orang setidaknya sekali atau dua kali per tahun.
Diare biasanya berlangsung dari satu sampai tiga hari yang diiringi dengan nyeri perut, kram perut, berkeringat, dan mual. Diare bisa serius jika disertai dengan gejala lain, termasuk demam, tinja berdarah, nyeri dada, atau kesulitan bernapas.
Makanan bisa menjadi penyebab umum diare, terutama jika Anda alergi terhadap makanan tersebut. Jenis makanan yang juga memicu diare adalah makanan yang sudah basi atau makanan yang sangat pedas. Diare yang disebabkan oleh makanan biasanya akan terjadi dalam beberapa jam setelah makan, ketika makanan mulai memasuki usus besar.

Mengapa Makanan Pedas Menyebabkan Diare?
Makanan pedas bisa memicu diare pada banyak orang. Makanan akan pedas membuat usus teriritasi. Saat teriritasi, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus untuk meredakan gejala. Air selanjutnya akan bercampur dengan kotoran dan membuat tinja menjadi encer atau berair.
Sebagian orang mampu makan makanan pedas tanpa masalah, sementara yang lain mungkin mengalami diare setiap kali makan makanan pedas. Hal ini disebabkan setiap orang memiliki kepekaan usus yang berbeda serta tergantung pula pada makanan lain yang dimakan bersamaan dengan makanan pedas.

Mencegah Diare saat Makan Makanan Pedas
Untuk menghindari diare, cobalah makan makanan yang bersifat basa seperti yogurt, sour cream, atau cream cheese bersamaan dengan makanan pedas. Nasi dan roti juga memiliki fungsi menetralisir efek makanan pedas. Hindari makanan berminyak karena juga dapat memicu diare. Minum banyak air juga dianjurkan untuk menetralisir efek makanan pedas.

Batasi konsumsi makanan pedas, terutama jika Anda rentan mengalami diare setelah mengonsumsi makanan pedas. Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap cabai dan rempah-rempah tertentu. Identifikasi dan hindari makanan yang dapat memicu diare.
Nah sekarang kan kamu jadi lebih tau :)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More