lazada.com

Rabu, 05 Oktober 2011

Nak, Yuk Bermain di Luar



Banyaknya permainan elektronik yang sangat menarik membuat anak lebih sering berkegiatan di dalam ruang. Hal ini tentu kurang baik bagi perkembangan dan kesehatannya. Agar anak tertarik bermain di luar, berikut beberapa tip yang perlu diperhatikan orang tua:

1. Jika memungkinkan, ciptakanlah halaman belakang yang nyaman untuk anak.

2. Beri anak tempat di kamar, teras, atau ruang lainnya untuk menyimpan dan "memamerkan" hasil temuan mereka dari alam yang ingin disimpan.

3. Sediakan peralatan-peralatan khusus untuk "petualangan" luar ruang, misalnya sekop kecil, kaca pembesar, sarung tangan, dan lain-lain. Anak-anak biasanya senang dengan perkakas-perkakas seperti ini.

4. Saat mengajak anak bermain di luar ruang, biarkan mereka bereksplorasi sebebasnya. Mengawasi dari dekat boleh saja, tapi tidak perlu ikut nimbrung kecuali diminta.

5. Mau ke warung atau ke mini market di depan kompleks? Jika memungkinkan, ajak anak berjalan kaki dibanding naik mobil atau motor. Lebih menyehatkan.

6. Jika ada waktu, ajak anak menikmati kekayaan alam terdekat, misalnya ke gunung, kebun teh, air terjun, pantai, dan lain-lain.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak di luar ruang. Misalnya: bermain bola, bermain air, dan menyiram tanaman. Pilih mana yang paling disukai anak agar dia semangat dan tertarik melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More