lazada.com

Minggu, 27 Maret 2011

Elizabeth Taylor Meninggal Dunia

Aktris legendaris Elizabeth Taylor tutup usia. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Cedars Sinai, Los Angeles, Rabu (23/3), dalam usia 79 tahun.

Juru bicara aktris peraih Oscar dua kali itu menyatakan Liz Taylor dirawat di rumah sakit tersebut sejak enam pekan lalu. Ia menderita gagal jantung kongestif.

"Dia sudah berjuang bertahun-tahun terhadap penyakit (jantung) nya. Liz Taylor belum lama ini mengalami sejumlah komplikasi. Kondisinya sempat stabil, dan berharap dia bisa pulang segera. Sayangnya, hal itu tidak terjadi," kata juru bicara mendiang.

Pemilik nama lengkap Elizabeth Taylor Rosemond, lahir 27 Februari 1932 di London. Orang tua Liz, Francis dan Sara Taylor dikenal sebagai pedagang seni karya. Mereka pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat pada saat pecah Perang Dunia II.

Liz mulai dilirik dunia film Hollywood karena kecantikannya. Saat dia menerima peran utama dalam film Gone With the Wind, ayahnya tewas tertembak. Liz pun memilih mengundurkan diri sebagai pemeran utama film laris tersebut.

Aktris yang mengawali karier pada 1942 itu memilih pensiun dari dunia gemerlap Hollywood pada 2001. Sepanjang kariernya di dunia layar lebar, Liz meraih dua Oscar untuk kategori aktris terbaik dalam film Butterfield 8 (1960), dan Who's Afraid of Virginia Woolf (1966). Namun filmnya yang paling populer adalah Cleopatra, berpasangan dengan Richard Burton, yang pernah dua kali menjadi suaminya.

Setelah mundur dari dunia film, Liz dikenal aktif di berbagai kegiatan sosial, termasuk menjadi donatur untuk memerangi AIDS. Ia mendirikan Elizabeth Taylor HIV/AIDS Foundation. Dalam kehidupan pribadinya, Liz tergolong tidak menemukan pasangan sejati.

Liz pernah menikah delapan kali dan bercerai tujuh kali. Satu kali berstatus janda karena ditinggal mati suami Michael Todd. Dari daftar pernikahan dan perceraiannya itu, Liz sempat menikah dan cerai sebanyak dua kali dengan aktor Richard Burton.

"Saya sebenarnya punya komitmen dalam membangun pernikahan. Sangat tinggi komitmennya," ungkap Liz yang sangat dekat dengan mendiang Michael Jackson.

Dia juga memiliki hubungan sangat dekat dengan ibunya, Sara Taylor, yang meninggal dunia pada 1994 dalam usia 99 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More