lazada.com

Kamis, 10 Maret 2011

Obat Herbal untuk Panas Dalam

Dijaman sekarang,ketika harga obat semakin tidak terjangkau, tidak ada salahnya kita kembali ke alam, mengambil manfaat dari tanaman herbal yang sudah terbukti manfaatnya. Berikut beberapa tanaman obat yang mudah kita temui di sekitar kita.

1. Jahe
Khasiat tanaman ini terletak pada akarnya. Sejak lama dikenal dapat menghangatkan tubuh, menyembuhkan masuk angin dan mengembalikan kesegaran tubuh.

Caranya: cuci jahe, panggang diatas bara api, setelah itu di kepruk/pukul dan seduh dengan air panas. Lebih enak dikasih gula batu. Diminum selagi hangat.

2. Kencur
Khasiatnya bisa menjaga pita suara bagi yang suka menyanyi, mengobati batuk, menghilangkan bau napas serta meringankan perut kembung.

Caranya: kencur diparut, peras untuk diambil sarinya kemudian diminum. Bisa juga dikunyah mentah (dikupas terlebih dahulu).

3. Jambu biji
Buah jambu biji ini mengandung asam amino, kalsium, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Jus buahnya bisa meningkatkan hemoglobin. Untuk daunnya mengandung eugenol, garam mineral, minyak lemak dan zat zamak. Daunnya ini berguna mengobati diare.

Cara buat: ambil beberapa daun jambu, iris-iris, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, peras, saring dan minum.

4. Temu Lawak
Khasiat tanaman ini biasa diberikan pada anak yang susah makan sehingga nafsu makannya tambah, memperlancar ASI, mengobati penyakit hati dan ampuh menurunkan kadar kolestrol dalam darah karena kandungan kurkuminnya. Bisa juga sebagai anti radang dan anti keracunan empedu.

Caranya: temulawak ini diparut ambil sarinya, diminum. Jika pahit dapat ditambah madu atau gula batu.

5. Mahkota Dewa
Tanaman ini mengandung zat aktif yang dipercaya bisa menghilangkan racun dalam tubuh (detoks), anti virus, meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Selain itu bisa mengurangi kadar gula dalam darah, memperlancar peredaran darah serta mengurangi resiko jantung koroner.

Caranya: ambil buah yang warnanya merah potong tipis, jemur sampai kering. Kalau mau diminum, seduh dengan air panas.

6. Lidah Buaya
Tanaman ini berguna menyuburkan rambut, untuk panas dalam, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah dehidrasi pada kulit . Bisa juga dijadikan minuman sehat lagi menyegarkan.

Caranya: lidah buaya dikupas, cuci bersih lalu remas-remas daging buahnya dengan air garam sampai lendirnya hilang, kemudian rendam dengan air kapur sirih hingga tekstur gel yang lebih kenyal. Cuci bersih dan lidah buaya siap disajikan.

SEMOGA CEPAT SEMBUH YACH ...

Sumber Terpecaya :: http://www.scalamedia.net

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More